Friday, March 20, 2009

Elegi Menggapai Teka-Teki

Oleh: Marsigit

Koyber:
Wahai Capteu, aku telah menerima pesan agar disampaikan kepadamu.

Capteu:
Pesan apakah itu dan dari siapa?

Koyber:
Pesan dari Monasiu

Capteu:
Siapakah Monasiu itu?

Koyber:
Dia adalah penguasa kita. Dia yang berhak mematikan dan menghidupkan kita setiap saat. Tiadalah daya upaya kita tanpa dirinya.

Capteu:
Baiklah sebutkanlah apa pesan dia kepadaku.

Koyber:
Pertama, dia menuliskan selembar surat pertama yang isinya permintaan agar engkau menyimpannya.
Kedua, dia membuat dokumen agar engkau mencetakya.
Ketiga, dia membuat rumus-rumus, tetapi meminta agar engkau menghitungnya.
Keempat, dia menunjuk dokumen, dan ,meminta agar engkau menyalinnya.
Kelima, dia menulis surat dan memeinta agar engkau mengirimkan ke temannya.
Keenam, dia membutuhkan gambar, dan meminta agar engkau menyimpannya.
Ketujuh, dia ingin pidato, dan meminta agar engkau menyimpannya.
Kedelapan, dia menunjuk beberapa dokumen, dan meminta agar engkau menghapuskannya.
Kesembilan, dia menunjuk beberapa dokumen, dan meminta agar engkau memindahkannya.
Kesepuluh, dia menunjuk suatu dokumen, dan meminta agar engkau mengeditnya.

Capteu:
Baiklah, semua akan segera saya kerjakan satu persatu dengan kecepatan tinggi dan hasil yang memuaskan.

Capteu:
Wahai haradiso, simpanlah semua dokumen-dokumen itu termasuk perintah-perintahku. Simpan pula semua rencana-rencanaku.

Capteu:
Wahai starago romao, ini ada beberapa dokumen penting dari monasiu. Maka simpanlah dalam dirimu. Tetapi jangan lupa, simpanlah semua perintah-perintahnya, data-datanya, dan tetaplah engkau disitu menjaganya sampai dia mencabut kekuatanmu.

Capteu:
Wahai starago ramoa, ini ada beberapa dokumen penting dari monasiu. Maka simpanlah dalam dirimu. Tetapi jangan lupa, simpanlah semua perintah-perintahnya, data-datanya, dan tetaplah engkau disitu menjaganya dan mempertahankannya, jika perlu sampai titik darah penghabisan.

Capteu:
Wahai paranto, ini ada beberapa dokumen penting dari monasiu. Maka cetak segeralah dokumen-dokumen itu tanpa keragu-raguanmu.

Capteu:
Wahai contorola, kendalikan semua perintah-perintahku. Pastikanlah bahwa semua perintah-perintahku dilaksanakan dengan baik.

Capteu:
Wahai manatora, bukalah jendelamu agar engkau mereka dapat melihat semua diri kita ini. Biarkan mereka mengetahui pekerjaan kita. Jangan engkau tutup-tutupi semua simpanan kita ini. Maka sebenar-benar fungsi dirimu adalah untuk memberi penerangan, sampai monasiu mencabut semua kekuatanmu.

Capteu:
Wahai falasa, engkau adalah anak kesayangan dari haradiso. Maka dengan keterbatasan dirimu, engkau masih mampu berperan sebagi haradiso. Maka simpanlah beberapa dokumen penting dan yang siap digunakan.

Capteu:
Wahai intoranot, sampaikan pesan-pesan dari monasiu. Ketahuilah bahwa pesan-pesan itu sesungguhnya bagi teman-temannya yang jauh.

Capteu:
Wahai manatora, sampaikan berita kepada monasiu bahwa semua perintah-perintahnya telah aku laksanakan.

Monatora:
Wahai monasiu. Perkenankanlah aku menyampaikan pesan dari capteu bahwa semua pesan dan perintahmu sudah dilaksanakannya. Maka semua nasib-nasibku itu terserahlah anda.

Monasiu:
Wahai semuanya, sangat senanglah diriku mendengarkan engkau semua telah melaksanakan pekerjaanmu dengan sebaik-baiknya. Tetapi ketahuilah bahwa aku tidaklah bisa menjaga dirimu setiap saat. Oleh karena itu sekarang engkau semua aku perkenankan untuk beristirahat. Dan untuk itu maka akan segera aku cabutlah semua kekuatanmu itu.

Orang tua berambut putih:
Wahai mahasiswaku semua. Inilah sebenar-benar teka-teki bagimu. Maka tugas-tugasmu adalah untuk menjawab siapakah monasiu. Siapakah manatora. Siapakah capteu. Siapakah intoranot. Siapakah falasa. Siapakah haradiso. Siapakah contorola. Siapakah paranto. Siapakah starago romao. Siapakah starago ramoa. Dan siapakah koyber. Sebenar-benar jawabanmu ditunggu di kolom comment pada elegi oleh Pak Marsigit.

8 comments:

c@sEy_05301244102 said...

Assalam....

Menurut "Elegi Menggapai Teka-Teki" tersebut mungkin saya bisa menyimpulkan bahwa:
sebenar-benar;
-koyber adalah pikiran/otak menusia yang mempunyai daya untuk menginat sesuatu termasuk sebuah pesan.
-monasiu adalah hati,di mana hati adalah komandan/penguasa yang berhak mematikan dan menghidupkan termasuk pikiran,dsb.
-paranto adalah keyakinan(self-confidence) seseorang untuk melakukan sesuatu tanpa keragu-raguan.
-contorola adalah emosi,nafsu seseorang untuk mengontrol/mengendalikan pikiran dan hati manusia.
-manatora adalah identitas/jati diri/pengenal diri kita,supaya oranglaen bisa mengungkapkan hati dan pikiran kita dalam ruang dan waktu.
-intoranot adalah interaksi yaitu pembuluh darah yang mengalirkan/membawa pesan.
Betul tidak Pak,,,,
pengartian teka-teki saya tersebut,,,
Terimakasih.

_Kesi Rusdiana Dewanti_
05301244102

Dr. Marsigit, M.A said...

Kesi Rusdiana Dewanti
Orang tua berambut putih tersenyum mendengar jawabanmu. Maka renungkanlah.

hardiyanto_pmatnrc said...

Monasio adalah manusia
Manatora adalah monitor
Capteu adalah CPU (Central Processing Unit)
Intronato adalah internet
Falasa adalah flashdisk
Haradiso adalah harddisk
Controla adalah CU (Control Unit) pengontrol kerja computer
Starago romao adalah Storage ROM (Read Only Memory)
Starago ramao adalah Storage RAM (Random Access Memory)
Koyber adalah keyboard
Jawaban saya di atas adalah makna denotatif dari teka-teki dalam elegi ini. Mungkin ada makna konotatif yang tersirat dalam ”Elegi Menggapai Teka-Teki” yang tak bisa saya temukan karena inilah sebenar-benar aku, inilah sebenar-benar ilmuku, dan inilah batas pengetahuanku.

ARIF MUNANDAR said...
This comment has been removed by the author.
ARIF MUNANDAR said...

saya setuju dengan pendapat kesi dan mas hardi. di elehi ini, saya dapat membayangkan bagaimana harmonisnya kerjasama mereka. inilah kerja komponen komponen komputer yang patut ditiru. bahwasannya dalam diri kita juga terdapat sedemikian banyak komponen (jasady,fikri, dan ruhany)yang mestinya bekerja sama dengan selaras dan seimbang supaya signal-signal nur keTuhanan dapat kita raih. amin

yang masih menjadi permasalahan adalah bagaimana menjaga kekonsistenan kerjasama mereka agar tetap harmonis? bagaimana memperbaiki salah satu/beberapa komponen saat rewel/ngambek yang menyebabkan kedisharmonisan? bagaimana pula mengurangi rasa dominasi dari salah satu komponen tadi,supaya hati kita tetap menjadi imam kita....

Fithria Aisyah R_Math.06 said...

setelah membaca dan memahami elwegi mengapai teka-teki saya berusa menjawab pertanyaan dari orang tua berambut putih yang menyebutkan beberapa komponen yang penting antara lain:
-monasiu adalah manusia;
-manatora adalah monitor;
-capteu adalah CPU(central processing unit);
-intoranot adalah internet;
-falasa adalah flashdisk;
-haradiso adalah hardisk;
-contorola adalah CU(control unit);
-paranto adalah printer;
-starago romao adalah ROM(read only memory);
-starago ramoa adalah RAM(random access memory);
-koyber adalah keyboard;
walaupun nama-nama sama dalam komputer namun pasti ada makna yang tersirat dalam makna tersebut. sebisa mungkin pembaca mengambil hikmah yaitu bahwa dalam diri seseorang ada yang mengendalikan namun ada juga menyampaikan pesan dan lainnnya. Namun karena manusia dibatasi oleh ruang dan waktu sehingga disinilah kemampuan dan pengetahuan akan ilmu kita, ilmu yang kita dapat hanyalah sebagai perantara karena kita juga harus menyampaikan pada yang lain.

Dr. Marsigit, M.A said...

Untuk semuanya
Orang tua berambut putih masih tersenyum mendengar semua jawabanmu. Orang tua berambut putih akan berbicara setelah sebagian besar dari anda semua menyampaikan jawabannya.

harist sIck say "W3lcome to my World" said...

siapakah monasiu adalah diri kita para manusia yang berhak menentukan pikirannya sendiri.
Siapakah manatora adalah monitor.Perilaku kita bisa di lihat orang lain baik buruknya kita tergantung bagaimana kita akan menampilakn di dalam kehidupan
Siapakah capteu adalah Control Prosesing Unit(CPU).sebagai manusia segala tindak tanduk dan perilaku harus di kontrol sesuai tidak.Baik atau buruk,hitam atau putih?Sehingga kehidupan yang akan kita tempuh menjadi lebih berarti.
Siapakah intoranot adalah internet.Hubungan manusia satu dengan yang lainnya harus selalu terjalin.Bagaimana kita bisa bertukar pikiran,bermasyarakat jika tanpa hubungan dan komunikasi.
Siapakah falasa adalah media save data(USB Flasdisk).Pikiran,otak kita sangat terbatas untuk menyimpan sebuah memori,ilmu atau suatu pemikiran jadi simpanlah sesutau yang penting dan berguna saja di dalam pikiranmu.
Siapakah haradiso adalah HardiskHardisk dapat menyimpan data yang lebih besar daripada flashdisk.Sebuah flasdisk bisa menjadi hardisk jika kita memiliki kemampuan lebih.Bisa dilatih.Dari tidak bisa menjadi bisa.
Siapakah contorola adalah control unit tempat kita untuk mimikirkan segala yang baik atau buruk untuk kemudian kita lakukan tau tidak.
Siapakah paranto adalah printer untuk mencetak data atau bisa di implementasikan pada diri kita untuk melakukan suatu tindakan yang riil.
Siapakah starago romao(RAM) adalah space memori.kEMAMPUAN otak,pikiran dan perilaku kita untuk mengolah atau mengerjakan ssesuatu untuk di ambil hasilnya.
Dan siapakah koyber adalah keyboard.Hati menurut saya adalah keyboard kita.Tergantung kita akan input apa ke dalam pikiran kita.