Saturday, December 20, 2008

Sumber-sumber Pengembangan Pembelajaran Matematika

Sumber-sumber Pengembangan Pembelajaran Matematika
Dikumpulkan Oleh: Marsigit

A. Sumber Pengembangan Pendidikan Matematika
1. Math Forum Internet Mathematics Library : http://mathforum.org/
2. ERIC (Educational Resources Information Center) Database: http://www.eric.ed.gov/
3. MATHDI, Mathematics Didactics Database: http://www.emis.de/MATH/DI.html
4. The Prime Mathematics Encyclopedia : http://www.mathacademy.com/pr/prime/index.asp
5. Mathematical Atlas A Gateway to Modern Mathematics: http://www.math.niu.edu/~rusin/known-math/
6. Eric Weisstein's World of Mathematics: http://mathworld.wolfram.com/
7. Calculators Online Reference Center: http://www.martindalecenter.com/Calculators2.html
8. A Dictionary of Units: http://www.ex.ac.uk/cimt/dictunit/dictunit.htm
9. How Many? A Dictionary of Units of Measure: http://www.unc.edu/~rowlett/units/index.html
10. MATH2.org: http://www.math2.org/
11. MacTutor: http://www-groups.dcs.st-andrews.ac.uk/~history/
12. MacTutor History of Mathematics: http://www-groups.dcs.st-and.ac.uk/~history/
13. MacTutor Index of Biographies: http://www-history.mcs.st-and.ac.uk/BiogIndex.html
14. Biographies of Women Mathematicians: http://www.agnesscott.edu/lriddle/women/women.htm
15. Mathematicians of the African Diaspora (MAD): http://www.math.buffalo.edu/mad/
16. Mathematical Quotations Server: http://math.furman.edu/~mwoodard/mquot.html

B. Referensi Pengembangkan RPP PBM Matematika
1. Maser Generation II Project - General Math Sites: {http://www.svsu.edu/mathsci-center/resources_mathsites.cfm}
2. Ask ERIC Lesson Plans Collection – Mathematics: {http://www.eduref.org/cgi-bin/print.cgi/Resources/Subjects/Mathematics/Lesson_Plans.html}
3. Breaking Away from the Math Book: Creative Projects for K-8: http://www.math.nmsu.edu/ breakingaway/main.html
4. CEC Lesson Plans: http://www.col-ed.org/cur/
5. ENC Lesson Plans-math topics: http://enc.org/weblinks/lessonplans/math/
6. Math Forum - Lesson Plans: http://mathforum.org/library/resource_types/lesson_plans/

C. Referensi Pengembangan PBM Matematika
1. American Mathematics Competitions: http://www.unl.edu/amc/
2. Mathematics Contests, Competitions, and Problems Sets: http://archives.math.utk.edu/contests/
3. PMathschallenge.net: http://mathschallenge.net/
4. 20,000 Problems Under the Sea - Mathematical Treasure on the Web: {http://problems.math.umr. edu/index.htm}

D. Referensi Pengembangan Profesi Guru Matematika
1. American Mathematical Society: Mathematics Research and Scholarship: http://www.ams.org/
2. Association of Teachers of Mathematics (ATM): http://www.atm.org.uk/
3. Association for Women in Mathematics (AWM): http://www.awm-math.org/
4. Mathematical Association of America (MAA): http://www.maa.org/
5. Mathematical Sciences Education Board of the Center for Education (MSEB): http://www7. nationalacademies.org/mseb/
6. National Council of Teachers of Mathematics (NCTM): http://www.nctm.org/
7. School Science and Mathematics Association (SSMA): http://www.ssma.org/
8. TERC: http://www.terc.edu/
9. Math Forum - Teacher Education and Professional Development: http://mathforum.org/ mathed/professional.dev.html
10. World Lecture Hall: {http://web.austin.utexas.edu/wlh/}
11. Math Forum - Public Discussion: http://mathforum.org/discussions/

Tambahan dari Ibu Mulyati, Serifikasi Guru:
http://www.math.com
http://www.neufeldmath.com
http://www.glencoe.com
http://www.kelantanmy.edu


Sekali lagi tentang Persiapan Pembelajaran Matematika:
Oleh Marsigit


Menurut hemat penulis, secara lebih spesifik, sebelum pembelajaran matematika diselenggarakan maka seyogyanya guru melakukan hal-hal sebagai berikut sebagai langkah persiapan:
Merencanakan kegiatan motivasi dan appersepsi
- keterlibatan sedini mungkin dari siswa dalam membangun motivasi dan appersepsinya
Merencanakan lingkungan belajar matematika
- menentukan sumber ajar yang diperlukan
- merencanakan kegiatan yang bersifat fleksibel
- merencakan lingkungan fisik pembelajaran matematika.
- melibatkan siswa dalam menciptakan lingkungan belajar matematika.
Mengembangkan lingkungan sosial siswa
- merencanakan kegiatan untuk bekerja sama.
- mendorong siswa saling menghargai.
- menelusuri perasaan siswa tentang matematika
- mengembangkan model-model matematika.
Merencanakan kegiatan matematika
- merencanakan kegiatan matematika yang seimbang dalam hal : materi, waktu, kesulitan, aktivitas, dsb.
- merencanakan kegiatan matematika yang terbuka (open-ended)
- merencanakan kegiatan sesuai kemampuan siswa.
- mengembangkan topik matematika.
- membangun mental matematika.
- kapan dan bilamana membantu siswa ?
- menggunakan berbagai sumbar ajar (buku yang bervariasi), ICT
- mengembangkan kemampuan siswa melakukan management belajarnya, misal dalam bentuk portfolio
Merencanakan skema pembelajaran
- struktur pembelajaran: pendahuluan, pengembangan, kesimpulan
- skema interaksi: klasikal, kelompok, individu
- skema pencapaian kompetensi: will, attitude, knowledge, skill, experience
Merencanakan penggunaan alat bantu/media
- pemanfaatan/pengembangan LKS: kelompok, mandiri, variasi, penugasan, penemuan konsep/prosedur, penerapan prosedur, dst
- pemanfaatan/pengembangan alat peraga
- alat peraga dikembangkan berdasar hakekat konsep/prosedur dan kelayakan pengadaaanya
Merencanakan kegiatan assesment
- penilaian berbasis kelas
- penilaian othentic
- portfolio
- penilaian proses dan hasil
- standar pencapaian hasil
- self assesment

8 comments:

Mulyati said...

Terima kasih pak atas informasi, sumber-sumber belajarnya. Selama ini saya sering buka mathforum dan NCTM. Isisnya bagus-bagus sayangnya yang free cuma sedikit. Mungkin juga bisa sebagai masukan buat teman-teman sumber lain yang sering saya buka ada beberapa materi yang free: www.math.com, www.neufeldmath.com, www.glencoe.com, www.kelantanmy.edu (Malaysia). Terima kasih.

Dr. Marsigit, M.A said...

Terimakasih Bu, tambahan dari Ibu sudah saya posting. Selamat berkarya. Amien (Dosen: Dr. Marsigit)

Anonymous said...

Mengenai materi persiapan pembelajaran matematika yang harus dilakukan oleh guru yang telah pak Marsigit postingkan, kami akan berusaha untuk mengimplementasikan dikegiatan pembelajaran yang sebenarnya sepulang dari Yogya dan terima kasih atas info sumber-sumber belajar matematika. dengan adanya blog ini pak saya jadi sering buka-buka internet, tetapi kantongnya jadi tipis karna saya menggunakan kartu CDMA yang pulsa lumayan mahal.

Iwan Sumantri said...

Terima kasih pak atas informasinya, sekarang terasa apa yang bapak sampaikan pada saat perkuliahan di tambah dengan info lewat blog ini, terasa sekali manfaatnya, mudah-mudahan kedepan kami semua jadi guru yang inovatif yang selalu mengikuti perkembangan informasi dan meninggalkan budaya instannya!!

atiaturrahmaniah S2 dikdas said...

Terima kasih atas informasi bapak mengenai referensi yang bisa kami gunakan untuk menambah pengetahuan, dan pengalaman serta menjadi acuan kami dalam menyelesaiakan tesis kami, karena selama ini saya memiliki referensi yang sangat minim tentang pengembangan pembelajaran matematika.
Selama ini saya hanya menggunakan kumpulan makalah tentang pengembangan yang ada di perpustakaan UNY dan bukunya Borg n Gall yang berjudul "educational Research" sebagai acuan, sedangkan untuk sumber yang berasal dari internet saya masih kesulitan untuk menemukannya.Namun dengan adanya informasi dari bapak saya merasa telah mendapat petunjuk yang sangat berarti.

YANI SUMANTI said...

Terima kasih pak atas informasinya, mudah-mudahan ini jadi bekal saya yang masih belajar!

Teguh Waluyo said...

Terima kasih Pak Marsigit. Informasi ini sangat berguna bagi saya. Terutama untuk pengembangan pembelajaran matematika nanti pada saat aplikasi di sekolah.

Agus supranto,S.Pd said...

Sumber-sumber yang telah Bpk. dan temen-temen informasikan tentunya sangat berguna bagi saya/kita semua, dan menambah motivasi untuk ngenet... lagi bagi kami untuk menggali lebih jauh tentang hal-hal terkait dengan matematika. Untuk itu tak lupa diucapkan Matur nuhun/ nuhun pisan.